Minggu, 16 September 2018

Membangun Entrepeneur Melalui Industri 4.0 Masa Mendatang


WORKSHOP DARI ASIA MALANG dengan judul MEMBANGUN ENTREPENEUR MELALUI INDUSTRI 4 di SMK BRANTAS KARANGKATES

Foto bersama dengan Para Dosen ASIA MALANG dan KEPSEK SMK BRANTAS serta Pak Kholis (kiri) sebagai guru pengampu kami. 


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 😊
Dalam kehidupan milenial yang sekarang ini, tentunya keseharian kita tidak lepas dari internet. Karena pada Zaman sekarang hampir atau bahkan semua orang memiliki gadget/smartphone. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan ilmu yang saya dapat dari workshop di almamater saya SMK BRANTAS KARANGKATES   yang diisi oleh perwakilan dari PERGURUAN TINGGI ASIA MALANG di bidang STMIK(Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer). Mari langsung saja yuk!

Tema :  Membangun Entrepeneur melalui Industri 4
Pembicara  : Bpk. Sunu Jatmika S.Kom, M.Kom

          Indutri 4 adalah indutri yang berjalan pada zaman sekarang dan akan terus berkembang pada masa yang akan datang. Industri 4 merupakan Gabungan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Hal ini tren otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur dan system cyber-fisik.
Dalam masa pekembangannya, industri telah terbagi menjadi 4 masa, yaitu :
ü Masa Industri 1,  yaitu dimana system industri yang masih mengandalkan kemampuan atau keahlian yang manual semua dijalankan oleh mesin atau alat konvensional dengan banyak tenaga manusia.
ü Masa Industri 2, yaitu perkembangan dimana semua alat yang dijalankan mengandalkan tenaga listrik.
ü Masa Industri 3, yaitu dimana dalam memproduksi suatu barang mengandalkan tenaga robot semua, jadi kita dapat memantaunya dari jarak jauh dengan system SCADA (kependekan dari Supervisory Control And Data Acquisition) adalah sistem kendali industri berbasis komputer yang dipakai untuk pengontrolan suatu proses.
ü Masa Industri 4, yaitu masa perkembangan industri pada saat ini yang bergenre “Smart Factory” atau industry yang tidak hanya dapat dikontrol olek komputer namun juga dapat dikontrol melalui gadget yg disambungkan dengan jaringan.
Dan yang akan kita bahas kali ini adalah tentang Industri 4.
Indutri 4 adalah indutri yang berjalan pada zaman sekarang dan akan terus berkembang pada masa yang akan datang. Industri 4 merupakan Gabungan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Hal ini tren otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur dan system cyber-fisik.
Perlu diketahui bahwa ada banyak komponen-komponen utama Industri 4 dalam berbagai bidang keahlian, salah satunya adalah pada bidang kejuruan RPL yaitu bidang keahlian yang saya ampu pada saat ini, yaitu meliputi komponen :
Ø Ilmu tentang BIG DATA,
Ø Ilmu tentang Cloud Computing (Database)
Ø Ilmu tentang Mobile Device,
Ø Ilmu tentang IoT,
Ø Ilmu tentang Location Detection.

          Menurut Bpk. Sunu Jatmika S.Kom, M.Kom, salah satu dosen dari Perguruan Tinggi Asia Malang ini bahwa ada 3 keahlian yang akan dibutuhkan di masa depan yaitu, meliputi :
1.    Ilmu Jaringan computer
2.    Ilmu Progamming
3.    Ilmu Electro
Maka dari ketiga keahlian tersebut berpadu atau tergabung menjadi satu dan jadilah IoT (Internet of Things).
          IoT (Internet of Things) adalah sebuah konsep yang memiliki tujuan memperluas manfaat dari konektifitas internet yang tersambung secara terus menerus.
          IoT merupakan teknologi yang menggunakan internet sebagai sarana dalam melakuka berbagai suatu. Iot juga merupakan suatu konsep dimana konektifitas internet dapat bertukar informasi satu sama lainnya denga benda-benda yang ada disekelilingnya.
          Prinsip kerja Iot adalah bekerja dengan menerjemahkan bahasa pemrograman yang telah dimasukkan dalam alat IoT.


Sekian dari saya. Terima kasih sudah berkunjung :D😁

0 komentar:

Posting Komentar